Anggrek Dendrobium

  Klasifikasi Anggrek Dendrobium

Kingdom: Plantae

Divisio: Spermatophyta

Sub Divisio: Angiospermae

Kelas: Monocotyledonae

Ordo: Orchidales

Famili: Orchidaceae

Sub famili: Epidendroidae

Genus: Dendrobium

Anggrek Dendrobium adalah salah satu marga anggrek epifit yang biasa digunakan sebagai tanaman hias ruang atau taman. Bunganya sangat bervariasi dan indah. Dendrobium relatif mudah dipelihara dan berbunga.

Pola pertumbuhan anggrek Dendrobium bertipe simpodial, artinya memiliki pertumbuhan ujung batang terbatas. Batang ini tumbuh terus dan akan berhenti setelah mencapai batas maksimum. Pertumbuhan ini akan dilanjutkan oleh anakan baru yang tumbuh di sampingnya. Pada anggrek simpodial ini terdapat penghubung yang disebut rhizoma atau batang di bawah tanah. Dari rhizoma ini akan keluar tunas anakan baru. Di antara rhizoma dan daun ada semacam umbi yang disebut pseudobulb (umbi palsu).

Anggrek ini cukup terkenal dan merupakan jenis anggrek yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain memiliki variasi warna cukup banyak, anggrek dendrobium mudah disilangkan dan mudah perawatannya. Apalagi, harga anggrek dendrobium lumayan terjangkau dibanding jenis anggrek lain, seperti anggrek bulan yang harganya selangit.

Anggrek dendrobium tumbuh secara alami di hutan-hutan tropis Indonesia. Anggrek ini sangat tahan terhadap kondisi kekurangan air yang cukup lama dibanding tanaman anggrek lainnya. Hal ini didukung dengan sifat tanaman anggrek yang epifit. Anggrek dendrobium tumbuh dengan cara menempel pada benda-benda lain, seperti batang pohon atau bebatuan di lereng pegunungan. Ada pula yang tumbuh merambat pada batang tanaman lain.

Meskipun demikian, anggrek dendrobium tumbuh tanpa merugikan pohon atau batang yang ditempeli. Berbeda dengan tanaman benalu yang tumbuh dengan cara yang sama, namun sangat merugikan inangnya. Suhu udara yang cukup lembap sangat membantu pertumbuhan anggrek dendrobium. Kondisi ini menjadikan anggrek dendrobium sebagai tanaman favorit, baik untuk tanaman hias dalam pot maupun sebagai bunga potong.

Pemeliharaan Anggrek Dendrobium

Bila ingin memelihara sekaligus mengembangbiakkan anggrek dendrobium, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Intensitas Cahaya Matahari, Suhu, dan Kelembapan

Anggrek dendrobium sangat suka cahaya matahari dibanding anggrek jenis lainnya. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan cukup sedang, tidak perlu sinar matahari langsung. Intensitasnya sekitar 50 hingga 60 persen. Intensitas tersebut membuat kebun anggrek dendrobium memerlukan naungan yang memadai. Anggrek dendrobium tumbuh dengan baik pada suhu 28 hingga 32 derajat celcius dan kelembapan sekitar 50 persen.

2. Ventilasi Udara dalam Ruang Pemeliharaan

Anggrek dendrobium memerlukan aliran udara yang memadai. Ventilasi yang baik akan mendukung pertumbuhannya secara optimal. Terkadang, pemelihara anggrek dendrobium memasang kipas angin apabila aliran udara dalam ruang pemeliharaan dirasa kurang memenuhi standar.

3. Penyiraman

Anda bisa menyiram anggrek dendrobium dua kali sehari. Meskipun demikian, penyiraman hendaknya dilakukan jangan terlalu pagi atau jangan terlalu malam. Kelembapan yang tinggi akan membuat anggrek mudah terserang jamur. Bila kondisi mendung, cukup menyiram anggrek dendrobium sekali sehari.

4. Penanggulangan Hama

Meski perawatan dan pemeliharaan sudah dilakukan dengan maksimal, terkadang hama dan penyakit bisa saja menghampiri anggrek dendrobium. Untuk itu, perlu dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida satu minggu sekali sesuai dosis obat yang digunakan. Jangan lupa, sebaiknya, penyemprotan dilakukan pada sore hari.

5. Pemupukan

Pemberian nutrisi bagi tanaman perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Anggrek dendrobium perlu diberi pemupukan dua minggu sekali dengan pupuk yang mempunyai unsur-unsur dasar kebutuhan tanaman, seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Pemupukan ini menjaga kondisi anggrek supaya tetap indah dan sedap dipandang.

Advertisements
Categories: Jenis-Jenis Anggrek Hias | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: